Pagi Hari Waktu Terbaik BAB, Ini Alasannya!

Sabtu, 14 Desember 2019 - 07:27 WIB
Pagi Hari Waktu Terbaik BAB, Ini Alasannya!
Pagi Hari Waktu Terbaik BAB, Ini Alasannya!
A A A
JAKARTA - Sistem pencernaan memainkan peran yang sangat penting untuk menjaga Anda tetap sehat. Tubuh menjalankan nutrisi yang disediakan makanan dan sistem pencernaan memastikan nutrisi tersebut diserap oleh tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Hasil akhir dari proses ini adalah tinja yang dikeluarkan dari tubuh.

Kedengarannya lucu, namun buang kotoran adalah bagian yang sangat penting dari tubuh. Orang-orang memiliki waktu, cara, dan pemicu yang berbeda untuk buang air besar. Tetapi ada waktu tertentu yang dianggap sebagai waktu terbaik untuk Buang Air Besar (BAB), kapan?

Berapa kali Anda buang air dalam sehari, pada jam berapa sebenarnya tergantung pada berbagai faktor usia, tempat, iklim, makanan, gaya hidup dan lain sebagainya. Namun, waktu yang ideal untuk orang dewasa adalah di pagi hari.

Seperti dilansir Times Now News, seorang ahli gastroenterologi menjelaskan bahwa jam tubuh memicu usus untuk berkontraksi dan menekan tiga kali lebih keras pada jam pertama ketika kita bangun, dibandingkan dengan saat kita sedang tidur. Karena usus besar mulai berkontraksi lebih keras, maka Anda akan merasakan dorongan untuk buang air besar. Ini karena, ketika kita tidur, usus kecil dan usus besar bekerja untuk memproses semua makanan sisa dari hari sebelumnya.

Jika Anda merasakan ingin BAB di pagi hari, itu menunjukkan bahwa Anda memiliki fungsi tubuh yang sehat. Namun, beberapa orang mungkin juga merasakan hal ini karena diare pagi hari. Perbedaan antara ekskresi yang sehat dan diare pagi adalah bahwa tinja dalam diare berair, dan dapat disertai dengan sakit perut. Jika seseorang mengalami diare pagi hari, mereka harus mengunjungi dokter.

Jadi, pagi hari itu mungkin waktu terbaik untuk BAB, apakah itu menyiratkan bahwa orang yang tidak merasakan dorongan untuk buang air besar di pagi hari, dalam waktu setengah jam setelah bangun, memiliki sistem pencernaan dan ekskresi yang tidak sehat? Tidak. Yang penting adalah melakukan Buang Air Besar secara teratur, setiap hari. Namun, Buang Air Besar yang tidak teratur atau tertunda dapat merupakan tanda dan konstipasi dan mungkin memerlukan intervensi medis.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7980 seconds (0.1#10.140)